Assalamu'alaikum.....
Sudah baca postingan saya tentang pengenalan MYOB ACCOUNTING di http://wahyulestari1907.blogspot.co.id/2016/03/myob-accounting.html ???. Nah, sekarang lanjutan pembahasan modul-modul apa aja sich yang ada di aplikasi Myob Accounting ini. Dan juga fungsi dari masing-masing command centre dan command button di aplikasi myob. Mulai kita bahas satu persati yuck !!! Bismillah...
Dalam program aplikasi MYOB Accounting
terdapat beberapa tampilan utama yaitu Command Centre, Command Button dan
Command Panel. Tiap-tiap tampilan terdapat berbagai fasilitas sesuai fungsi
masing-masing. Berikut penjelasan tampilan Command Centre dan Command Button.
Myob
Accounting versi 13 terdiri dari 8 modul ( Command Centre) yaitu Account (Modul Perkiraan), Banking (Buku
Cek), Sales (Modul Penjualan), Time Billing (Modul Penagihan), Purchase (Modul
Pembelian), Payroll (Modul Penggajian), Inventory (Modul Pengelolaan Persediaan),
dan Card File (Modul File Kartu). Masing
– masing modul mempunyai sub perintah sendiri – sendiri. Jadi setiap
mangaktifkan salah satu modul yang terdapat pada jendela command center, maka
akan tampil command button yang berhubungan dengan modul tersebut. Command
Button merupakan bagan alur transaksi dari modul Command Center. Dalam makalah
ini akan dibahas secara singkat fungsi masing-masing modul.
1. Account
Pada modul Account ini digunakan untuk
memasukkan berbagai informasi penting, seperti pencatatan awal transaksi atau
laporan keuangan, melihat bagan akuntansi, memisahkan laporan keuangan
berdasarkan jenis usaha suatu perusahaan, dan lain sebagainya. Modul Account
terdapat beberapa tampilan command button yang mempunyai fungsi masing-masing,
yaitu :
Account
List, digunakan untuk
menambah, mengganti nama atau menghapusakun yang ada.
Record
Journal Entry,digunakan
untuk memasukan transaksi – transaksi sesuai dengan pembacaan jurnal umum.
Transaction
Journal, digunakan untuk melihat
informasi atau seluruh transaksi sesuai dengan tanggal yang ditentukan.
BASlink,
digunakan untuk menetapkan Bussines
Account Statement,
Send
to MYOB Accountants Office, digunakan
untuk menyimpan laporan keuangan perusahaan atau mengirim melalui E-mail.
2. Banking
Modul
banking digunakan untuk menulis
cek yang dikeluarkan maupun yang diterima oleh perusahaan. Dengan memanfaatkan
modul ini dapat merekonsiliasi akun – akun cek sehingga saldo akun- akun cek
perusahaan sesuai rekening koran yang dimiliki perusahaan lain.
Pada modul Banking terdapat delapan
command button yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan fungsi dan perintah yang
dimiliki masing – masing command button. Tampilan command button tersebut
antara lain :
Spend
Money, untuk mencatat atau
memasukkan beberapa penarikan cek dari akun – akun cek.
Bank
Register, untuk melihat mutasi
setiap akun kas/bank sekaligus mencatatkan transaksi lewat menu tersebut dan
untuk memindahbukukan saldo dari akun satu ke akun yang lainnya. Beberapa
transaksi yang dapat dicatat pada menu Bank Register diantaranya : Spend Money
(pengeluaran uang), Receive Money (penerimaan uang), Enter Sale (penjualan
tunai), Receive Payment (penerimaan pelunasan piutang), Enter Purchase (pembelian
tunai) dan Pay Bill (pembayaran hutang).
Reconcile
Accounts, untuk merekonsiliasi
antara catatan bank dengan catatan perusahaan.
Receive
Money, untuk mencatat atau
memasukkan penerimaan dana yang melalui cek.
Print
Cheques, untuk mencetak cek –
cek yang dibuat dari jendela spend money.
Transaction
Journal, untuk melihat semua
transaksi pengeluaran kas.
Prepare
Electronic Payments, untuk
menyimpan transaksi yang berhubungan dengan Payment.
Prepare
Bank Deposit, untuk
menyimpan transaksi yang berhubungan dengan penerimaan dana melaui cek.
3. Sales
Modul sales digunakan untuk mencatat
semua aktivitas yang berhubungan dengan penjualan dan piutang usaha. Semua
aktivitas penjualan yang dicatat pada modul sales maka secara otomatis akan
masuk dalam daftar Transaction Journal. Pada modul sales juga dapat digunakan
untuk mencatat nama-nama konsumen yang sering memasok barang sehingga ketika
terjadi transaksi penjualan pada konsumen yang sama maka tidak perlu
mengetikkan lagi nama konsumen tersebut. Modul sales terdapat 6 command button,
yaitu :
Sales
Register, untuk melihat daftar
penjualan, penerimaan dari penjualan, retur penjualan, dan daftar lain yang
berhubungan dengan penjualan.
Enter
Sales, untuk mencatat
transaksi penjualan yang sedang berlangsung baik secara tunai maupun kredit.
Receive
Payments, untuk mencatat
penerimaan dari penjualan dan penerimaan pelunasan piutang.
Print
Statements, untuk
mencetak faktur-faktur penjualan yang belum terbayar.
Print
Invoices, untuk mencatat
faktur-faktur penjualan yang dicatat melalui jendela Sales - New Service.
Transaction
Journal, untuk melihat rincian
jurnal penjualan.
4. Time Billing
Time Billing digunakan untuk mencatat
informasi aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan
penagihan untuk pegawai, pemasok, atau pelanggan dan untuk mengatur aktivitas
perusahaan untuk tahun fiskal yang dulu atau tahun sekarang. Tampilan command
button pada modul Time Billing ada 5 yaitu :
Activities
List, untuk membuat informasi
aktivitas yang dilakukan perusahaan.
Enter
Activity Slip, untuk
mencatat slip aktivitas yang dilakukan perusahaan sebagai catatan/ arsip.
Activity
Log, untuk menampilkan dan
meninjau informasi aktivitas yang telah dicatat.
Prepare
Time Billing Invoice, untuk
mencatat faktur-faktur waktu penagihan untuk pelanggan.
Transaction
Journal, untuk melihat rincian
jurnal pembayaran/penagihan dari pelanggan.
5. Purchase
Purchase (pembelian) biasanya dilakukan
perusahaan untuk memasok barang dagang yang nantinya akan dijual kembali.
Pembelian dapat dilakukan dengan cara kredit atau tunai. Modul Purchase
digunakan untuk memasukkan pembelian, mencatat pembelian berulang, menyiapkan
pemesanan pembelian, menerima barang dagang yang telah dipesan, memeriksa
barang-barang yang dibeli agar sesuai dengan spesifikasi yang dipesan dan mengelola
utang dagang secara rinci dan akurat. Tampilan command button yang terdapat
pada modul purchase antara lain :
Prepare
Electronic Payments, untuk
memproses pembayaran atas pembelian.
Enter
Purchases, untuk
mencatat transaksi pembelian baik tunai maupun kredit.
Pay
Bills, untuk mencatat
pembayaran-pembayaran pelunasan hutang.
Print
Purchase Orders, untuk
mencetak faktur-faktur pembelian yang belum terbayar.
Print
Cheques, untuk mencetak cek yang
berhubungan dengan pembelian, pembayaran hutang, serta retur pembelian.
Purchases
Register, untuk melihat hasil
pencatatan, pembayaran pembelian, dan retur pembelian.
Transaction
Journal, untuk melihat rincian jurnal pembelian.
6. Payroll
MYOB menyediakan fasilitas untuk
mengatur daftar penggajian karyawan dan transaksi-transaksi lain yang berkaitan
dengan penggajian. Modul Payroll digunakan untuk membuat daftar gaji baru dan
mengedit kategori gaji, seperti jenis gaji, nilai pengurang gaji, biaya pemberi
kerja dan hal lainnya yang berhubungan dengan penggajian. Untuk mengakses
seluruh aktivitas penggajian maka aktifkan modul payroll yang terdapat pada
jendela command centre. Modul payroll memiliki 6 fasilitas yang berhubungan
dengan penggajian, yaitu :
Payroll
Categories, untuk
membuat dan mengedit kategori-kategori gaji.
Pay
Employees, untuk mencatat dan
mengedit gaji untuk para karyawan.
Print
Paycheques, untuk
mencetak cek yang berhubungan dengan penggajian.
Print
Payment Summaries, untuk
mencetak faktur-faktur pembelian yang belum terbayar.
Prepare
Electronic Payments, untuk
memproses pembayaran karyawan, utang dan pembayaran lain yang melalui cek.
Transaction
Journal, untuk melihat rincian
jurnal penggajian.
7. Inventory
Modul Inventory digunakan untuk
mengolah persediaan atau mengelola manajemen persediaan. Dengan pengelolaan
persediaan yang tepat dan akurat, perusahaan dapat dengan mudah mengecek
persediaan dan dengan pengaturan manajemen persediaan yang baik, perusahaan
akan mudah memperoleh jumlah persediaan yang masih ada. Selain untuk mencatat
segala macam jenis transaksi, MYOB juga menyediakan fasilitas yang berkaitan
dengan analisis dan pengelolaan persediaan barang.
Untuk mengolah persediaan pada modul
Inventory maka dalam modul ini terdapat 8 command button, antara lain :
Set
Item Prices, untuk
menetapkan harga jual suatu barang persediaan (termasuk keuntungan).
Items
List, untuk melihat daftar
barang-barang persediaan.
Count
Inventory, untuk
memasukkan hasil perhitungan fisik persediaan atau untuk melakukan penyesuaian
nilai dan kuantitas sejumlah item persediaan.
Adjust
Inventory, untuk
melakukan penyesuaian atas nilai dan kuantitas item-item persediaan.
Transfer
Inventory, untuk
melakukan transfer kuantitas dan nilai antar item-item persediaan.
Auto
Build Inventory, untuk
merakit item akhir dari sejumlah komponen.
Transaction
Journal, untuk melihat
perkiraan-perkiraan yang berhubungan dengan keluar masuknya persediaan.
Items
Register, untuk menampilkan
item-item persediaan barang baik keseluruhan maupun per item.
8. Card File
Setiap perusahaan pasti berhubungan
dengan pihak lain. Untuk memudahkan dalam membuat dan mengetahui daftar
pihak-pihak yang berhubungan dengan perusahaan maka MYOB menyediakan fasilitas modul Card File. Dengan
modul ini setiap saat daftar nama-nama relasi, pelanggan, pemasok atau karyawan
dapat dilihat dan juga dapat diubah sesuai dengan keadaan yang sedang
berlangsung. Untuk memudahkan dalam pengelolaannya maka modul Card File
menyediakan 4 fasilitas yang mempunyai fungsi masing-masing, yaitu :
Cards
List, untuk membuat daftar
nama orang atau perusahaan yang sering berhubungan bisnis dan untuk melihat
daftar rincian file kartu yang telah dibuat.
Contact
Log, untuk melihat ringkasan
seluruh kontak yang ada.
Print
Mailing Labels, untuk
menetapkan dan mencetak file mailing labels untuk perseorangan atau perusahaan
yang terdapat pada file kartu.
Create
Personalised Letters, untuk
membuat sebuah file Mail Merge yang berisi informasi tentang orang atau
perusahaan pada file kartu.
Penjelasan di atas merupakan modul -
modul utama pada program aplikasi MYOB Accounting khususnya MYOB Accounting
Versi 13. Masing-masing modul mewakili setiap kegiatan akuntansi seperti
penjurnalan, penerimaan piutang, penjualan, pembelian dan lain-lain yang
berkaitan dengan kegiatan keuangan. MYOB Accounting juga menyediakan fasilitas
yang dapat mengatur jika terdapat pajak yang digunakan dan juga mengatur
tampilan simbol mata uang. Mata uang pada MYOB Accounting ditampilkan sesuai
dengan setting komputer yang berlaku. Untuk mengatur tampil atau tidaknya
simbol mata uang, maka langkahnya adalah :
Pilih menu Setup – Preferences, aktifkan
tabulasi Windows, pilih Show Currency Symbols in Windows apabila
ingin menampilkan simbol mata uang. Sebaliknya, bila simbol mata uang tidak
ingin ditampilkan hilangkan tanda pada kotak tersebut. Tekan OK. Maka otomatis
setting simbol mata uang akan berubah.Yups, akhirnya selesai juga pembahasan mengenai modul-modul yang ada di aplikasi MYOB Versi 13 ini. Semoga bermanfaaat yach...
Wassalamu'alaikum :-) .....
Daftar Pustaka :
Divisi Litbang MADCOMS. 2005, MYOB Accounting, Penerbit ANDI, Yogyakarta
Oktarina. 2007, MYOB Accounting Plus 13 untuk Orang Awam, Penerbit Maxikom, Palembang
Wahyulestari1907#02032013#2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar