Jumat, 11 Maret 2016

APLIKASI MYOB ACCOUNTING VERSI 13

Assalamu'alaikum.....
Sudah baca postingan saya tentang pengenalan MYOB ACCOUNTING di http://wahyulestari1907.blogspot.co.id/2016/03/myob-accounting.html ???. Nah, sekarang lanjutan pembahasan modul-modul apa aja sich yang ada di aplikasi Myob Accounting ini. Dan juga fungsi dari masing-masing command centre dan command button di aplikasi myob. Mulai kita bahas satu persati yuck !!! Bismillah...

Dalam program aplikasi MYOB Accounting terdapat beberapa tampilan utama yaitu Command Centre, Command Button dan Command Panel. Tiap-tiap tampilan terdapat berbagai fasilitas sesuai fungsi masing-masing. Berikut penjelasan tampilan Command Centre dan Command Button.


          Myob Accounting versi 13 terdiri dari 8 modul ( Command Centre) yaitu Account (Modul Perkiraan), Banking (Buku Cek), Sales (Modul Penjualan), Time Billing (Modul Penagihan), Purchase (Modul Pembelian), Payroll (Modul Penggajian), Inventory (Modul Pengelolaan Persediaan), dan Card File (Modul File Kartu). Masing – masing modul mempunyai sub perintah sendiri – sendiri. Jadi setiap mangaktifkan salah satu modul yang terdapat pada jendela command center, maka akan tampil command button yang berhubungan dengan modul tersebut. Command Button merupakan bagan alur transaksi dari modul Command Center. Dalam makalah ini akan dibahas secara singkat fungsi masing-masing modul.

1.  Account
Pada modul Account ini digunakan untuk memasukkan berbagai informasi penting, seperti pencatatan awal transaksi atau laporan keuangan, melihat bagan akuntansi, memisahkan laporan keuangan berdasarkan jenis usaha suatu perusahaan, dan lain sebagainya. Modul Account terdapat beberapa tampilan command button yang mempunyai fungsi masing-masing, yaitu :
Account List, digunakan untuk menambah, mengganti nama atau menghapusakun yang ada.
Record Journal Entry,digunakan untuk memasukan transaksi – transaksi sesuai dengan pembacaan jurnal umum.
Transaction Journal, digunakan untuk melihat informasi atau seluruh transaksi sesuai dengan tanggal yang ditentukan.
BASlink, digunakan untuk menetapkan Bussines Account Statement,
Send to MYOB Accountants Office, digunakan untuk menyimpan laporan keuangan perusahaan atau mengirim melalui E-mail.

2.  Banking
Modul banking digunakan untuk menulis cek yang dikeluarkan maupun yang diterima oleh perusahaan. Dengan memanfaatkan modul ini dapat merekonsiliasi akun – akun cek sehingga saldo akun- akun cek perusahaan sesuai rekening koran yang dimiliki perusahaan lain.
Pada modul Banking terdapat delapan command button yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan fungsi dan perintah yang dimiliki masing – masing command button. Tampilan command button tersebut antara lain :
Spend Money, untuk mencatat atau memasukkan beberapa penarikan cek dari akun – akun cek.
Bank Register, untuk melihat mutasi setiap akun kas/bank sekaligus mencatatkan transaksi lewat menu tersebut dan untuk memindahbukukan saldo dari akun satu ke akun yang lainnya. Beberapa transaksi yang dapat dicatat pada menu Bank Register diantaranya : Spend Money (pengeluaran uang), Receive Money (penerimaan uang), Enter Sale (penjualan tunai), Receive Payment (penerimaan pelunasan piutang), Enter Purchase (pembelian tunai) dan Pay Bill (pembayaran hutang).
Reconcile Accounts, untuk merekonsiliasi antara catatan bank dengan catatan perusahaan.
Receive Money, untuk mencatat atau memasukkan penerimaan dana yang melalui cek.
Print Cheques, untuk mencetak cek – cek yang dibuat dari jendela spend money.
Transaction Journal, untuk melihat semua transaksi pengeluaran kas.
Prepare Electronic Payments, untuk menyimpan transaksi yang berhubungan dengan Payment.
Prepare Bank Deposit, untuk menyimpan transaksi yang berhubungan dengan penerimaan dana melaui cek.

3. Sales
Modul sales digunakan untuk mencatat semua aktivitas yang berhubungan dengan penjualan dan piutang usaha. Semua aktivitas penjualan yang dicatat pada modul sales maka secara otomatis akan masuk dalam daftar Transaction Journal. Pada modul sales juga dapat digunakan untuk mencatat nama-nama konsumen yang sering memasok barang sehingga ketika terjadi transaksi penjualan pada konsumen yang sama maka tidak perlu mengetikkan lagi nama konsumen tersebut. Modul sales terdapat 6 command button, yaitu :
Sales Register, untuk melihat daftar penjualan, penerimaan dari penjualan, retur penjualan, dan daftar lain yang berhubungan dengan penjualan.
Enter Sales, untuk mencatat transaksi penjualan yang sedang berlangsung baik secara tunai maupun kredit.
Receive Payments, untuk mencatat penerimaan dari penjualan dan penerimaan pelunasan piutang.
Print Statements, untuk mencetak faktur-faktur penjualan yang belum terbayar.
Print Invoices, untuk mencatat faktur-faktur penjualan yang dicatat melalui jendela Sales - New Service.
Transaction Journal, untuk melihat rincian jurnal penjualan.

4.  Time Billing
Time Billing digunakan untuk mencatat informasi aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan penagihan untuk pegawai, pemasok, atau pelanggan dan untuk mengatur aktivitas perusahaan untuk tahun fiskal yang dulu atau tahun sekarang. Tampilan command button pada modul Time Billing ada 5 yaitu :
Activities List, untuk membuat informasi aktivitas yang dilakukan perusahaan.
Enter Activity Slip, untuk mencatat slip aktivitas yang dilakukan perusahaan sebagai catatan/ arsip.
Activity Log, untuk menampilkan dan meninjau informasi aktivitas yang telah dicatat.
Prepare Time Billing Invoice, untuk mencatat faktur-faktur waktu penagihan untuk pelanggan.
Transaction Journal, untuk melihat rincian jurnal pembayaran/penagihan dari pelanggan.

5.  Purchase
Purchase (pembelian) biasanya dilakukan perusahaan untuk memasok barang dagang yang nantinya akan dijual kembali. Pembelian dapat dilakukan dengan cara kredit atau tunai. Modul Purchase digunakan untuk memasukkan pembelian, mencatat pembelian berulang, menyiapkan pemesanan pembelian, menerima barang dagang yang telah dipesan, memeriksa barang-barang yang dibeli agar sesuai dengan spesifikasi yang dipesan dan mengelola utang dagang secara rinci dan akurat. Tampilan command button yang terdapat pada modul purchase antara lain :
Prepare Electronic Payments, untuk memproses pembayaran atas pembelian.
Enter Purchases, untuk mencatat transaksi pembelian baik tunai maupun kredit.
Pay Bills, untuk mencatat pembayaran-pembayaran pelunasan hutang.
Print Purchase Orders, untuk mencetak faktur-faktur pembelian yang belum terbayar.
Print Cheques, untuk mencetak cek yang berhubungan dengan pembelian, pembayaran hutang, serta retur pembelian.
Purchases Register, untuk melihat hasil pencatatan, pembayaran pembelian, dan retur pembelian.
Transaction Journal,  untuk melihat rincian jurnal pembelian.

6.  Payroll
MYOB menyediakan fasilitas untuk mengatur daftar penggajian karyawan dan transaksi-transaksi lain yang berkaitan dengan penggajian. Modul Payroll digunakan untuk membuat daftar gaji baru dan mengedit kategori gaji, seperti jenis gaji, nilai pengurang gaji, biaya pemberi kerja dan hal lainnya yang berhubungan dengan penggajian. Untuk mengakses seluruh aktivitas penggajian maka aktifkan modul payroll yang terdapat pada jendela command centre. Modul payroll memiliki 6 fasilitas yang berhubungan dengan penggajian, yaitu :
Payroll Categories, untuk membuat dan mengedit kategori-kategori gaji.
Pay Employees, untuk mencatat dan mengedit gaji untuk para karyawan.
Print Paycheques, untuk mencetak cek yang berhubungan dengan penggajian.
Print Payment Summaries, untuk mencetak faktur-faktur pembelian yang belum terbayar.
Prepare Electronic Payments, untuk memproses pembayaran karyawan, utang dan pembayaran lain yang melalui cek.
Transaction Journal, untuk melihat rincian jurnal penggajian.

7.  Inventory
Modul Inventory digunakan untuk mengolah persediaan atau mengelola manajemen persediaan. Dengan pengelolaan persediaan yang tepat dan akurat, perusahaan dapat dengan mudah mengecek persediaan dan dengan pengaturan manajemen persediaan yang baik, perusahaan akan mudah memperoleh jumlah persediaan yang masih ada. Selain untuk mencatat segala macam jenis transaksi, MYOB juga menyediakan fasilitas yang berkaitan dengan analisis dan pengelolaan persediaan barang.
Untuk mengolah persediaan pada modul Inventory maka dalam modul ini terdapat 8 command button, antara lain :
Set Item Prices, untuk menetapkan harga jual suatu barang persediaan (termasuk keuntungan).
Items List, untuk melihat daftar barang-barang persediaan.
Count Inventory, untuk memasukkan hasil perhitungan fisik persediaan atau untuk melakukan penyesuaian nilai dan kuantitas sejumlah item persediaan.
Adjust Inventory, untuk melakukan penyesuaian atas nilai dan kuantitas item-item persediaan.
Transfer Inventory, untuk melakukan transfer kuantitas dan nilai antar item-item persediaan.
Auto Build Inventory, untuk merakit item akhir dari sejumlah komponen.
Transaction Journal, ­untuk melihat perkiraan-perkiraan yang berhubungan dengan keluar masuknya persediaan.
Items Register, untuk menampilkan item-item persediaan barang baik keseluruhan maupun per item.

8.  Card File
Setiap perusahaan pasti berhubungan dengan pihak lain. Untuk memudahkan dalam membuat dan mengetahui daftar pihak-pihak yang berhubungan dengan perusahaan maka MYOB  menyediakan fasilitas modul Card File. Dengan modul ini setiap saat daftar nama-nama relasi, pelanggan, pemasok atau karyawan dapat dilihat dan juga dapat diubah sesuai dengan keadaan yang sedang berlangsung. Untuk memudahkan dalam pengelolaannya maka modul Card File menyediakan 4 fasilitas yang mempunyai fungsi masing-masing, yaitu :
Cards List, untuk membuat daftar nama orang atau perusahaan yang sering berhubungan bisnis dan untuk melihat daftar rincian file kartu yang telah dibuat.
Contact Log, untuk melihat ringkasan seluruh kontak yang ada.
Print Mailing Labels, untuk menetapkan dan mencetak file mailing labels untuk perseorangan atau perusahaan yang terdapat pada file kartu.
Create Personalised Letters, untuk membuat sebuah file Mail Merge yang berisi informasi tentang orang atau perusahaan pada file kartu.
Penjelasan di atas merupakan modul - modul utama pada program aplikasi MYOB Accounting khususnya MYOB Accounting Versi 13. Masing-masing modul mewakili setiap kegiatan akuntansi seperti penjurnalan, penerimaan piutang, penjualan, pembelian dan lain-lain yang berkaitan dengan kegiatan keuangan. MYOB Accounting juga menyediakan fasilitas yang dapat mengatur jika terdapat pajak yang digunakan dan juga mengatur tampilan simbol mata uang. Mata uang pada MYOB Accounting ditampilkan sesuai dengan setting komputer yang berlaku. Untuk mengatur tampil atau tidaknya simbol mata uang, maka langkahnya adalah :
Pilih menu Setup – Preferences, aktifkan tabulasi Windows, pilih Show Currency Symbols in Windows apabila ingin menampilkan simbol mata uang. Sebaliknya, bila simbol mata uang tidak ingin ditampilkan hilangkan tanda pada kotak tersebut. Tekan OK. Maka otomatis setting simbol mata uang akan berubah.

Yups, akhirnya selesai juga pembahasan mengenai modul-modul yang ada di aplikasi  MYOB Versi 13 ini. Semoga bermanfaaat yach...

Wassalamu'alaikum :-) .....



Daftar Pustaka :
Divisi Litbang MADCOMS. 2005, MYOB Accounting, Penerbit ANDI, Yogyakarta
Oktarina. 2007, MYOB Accounting Plus 13 untuk Orang Awam, Penerbit Maxikom, Palembang


Wahyulestari1907#02032013#2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar