Jumat, 11 Maret 2016

MYOB Accounting Versi 13 Part 3

Assalamu'alaikum teman-teman....
Pembahasan kali ini masih tentang MYOB Accounting, wkwkwk... Wooow, banyak juga yach hal-hal mengenai program ini. Setelah kemaren sudah aku bahas di tulisan sebelumnya http://wahyulestari1907.blogspot.co.id/2016/03/myob-accounting.html dan http://wahyulestari1907.blogspot.co.id/2016/03/aplikasi-myob-accounting-versi-13.html, masih ada beberapa point2 yang akan aku bahas pada tulisan kali ini. Langsung kita mulai bahas aja yuck, kita belajar bareng-bareng :-).

Sebelumnya udah kita bahas mengenai command centre dan command button dalam aplikasi MYOB Accounting. Selanjutnya akan aku bahas tentang Command Panel.
Command Panel berisi 4 kelompok menu yang dapat mengakses perintah dan menampilkan hasil pengolahan data dari transaksi yang telah diinput. Kelompok menu tersebut yaitu To Do List, Find Transactions, Reports,dan  Analysis.


TO DO LIST
Command panel To Do List berisi daftar transaksi yamg telah dicatat meliputi data Piutang Usaha (Account Receivable), utang usaha (Account Payable), Recurring Transaction, Recurring Sales, Recurring Purchases, Expiring Discount, Panding, Stock Alert dan Contact Alert.
To Do List ( A/R) atau yang disebut dengan Account Receivable digunakan untuk menampilkan informasi data piutang usaha. Seluruh faktur penjualan yang belum lunas akan ditampilkan. To Do List (A/P) atau Account Payable digunakan untuk menampilkan informasi data utang usaha. Seluruh faktur pembelian yang belum lunas akan ditampilkan.

Reccuring Transaction digunakan untuk menampilkan informasi transaksi yang sering digunakan dan disimpan sebagai transaksi recurring. Jendela Recurring Sales digunakan untuk menampilkan informasi transaksi penjualan yang sering digunakan dan disimpan sebagai transaksi Recurring Sales atau transaksi penjualan yang dilakukan berulang. Dan Recurring Purchases digunakan untuk menampilkan informasi transaksi pembelian yang sering digunakan dan disimpan sebagai transaksi Recurring Purchase.

Expiring Discount digunakan untuk menampilkan informasi batas akhir periode potongan. Transaksi ini biasanya terjadi pada pembelian kredit dengan syarat pelunasan. Misalnya pembelian kredit dengan syarat 2/10, N/30. Artinya jika pelunasan dibayarkan dalam jangka waktu 10 hari maka akan mendapat potongan sebesar 2 % dengan jangka waktu jatuh tempo 30 hari. Seluruh transaksi pembelian yang belum lunas dan masih mendapatkan batas waktu potongan akan ditampilkan dalam jendela ini. Informasi yang ditampilkan seperti nama pemasok, batas waktu potongan, nomor faktur pembelian, tanggal batas mendapatkan potongan dan jumlah nominal pembelian.
Pending digunakan untuk menampilkan informasi transaksi yang dipending baik itu penjualan maupun pembelian. Pada tampilan Stock Alert digunakan untuk menampilkan item persediaan dengan kuantitas di tangan lebih kecil atau sama dengan Minimum Level for Restocking Alert. Sedangkan Contact Alert digunakan untuk menampilkan informasi kontak yang terlambat. Informasi tersebut berupa nama individu atau perusahaan, jumlah hari keterlambatan, jenis kartu, tanggal kontak terakhir dan tanggal kontak kembali.

FIND TRANSACTIONS
Fasilitas Find Transaction digunakan untuk melihat informasi ringkas tentang setiap akun perusahaan, transaksi pembelian, transaksi penjualan, file kartu dan job. Find Transaction juga dapat menelusuri saldo suatu rekening, saldo awal, total debit, total kredit, dan saldo pada suatu periode dan saldo akhir suatu akun. Ada beberapa pilihan pada tampilan ini yaitu : Account, Card, Item, Invoice, Bill, Category, Job dan Payroll Category.
Pilihan Account digunakan untuk menampilkan saldo akun pada suatu periode tertentu. Pada tampilan ini dapat dilihat saldo akhir masing-masing akun.
Card, digunakan untuk melihat analisis data piutang usaha pelanggan (customer) dan data utang usaha kepada pihak lain melalui masing-masing kartu yang bersangkutan. Untuk fasilitas Item, digunakan untuk menampilkan analisis total persediaan barang dagang untuk semua item atau hanya item tertentu per tanggal transaksi.
Invoice, digunakan untuk menampilkan analisis data penjualan per faktur yang tercantum dalam kolom Charges dan pembayaran yang terkait dengan nomor faktur tersebut. Pada tampilan Bill, untuk menampilkan pembelian per faktur (per order pembelian). Untuk pilihan Job digunakan untuk menampilkan data transaksi dari suatu proyek yang pembuatan kodenya dicatat dalam Job List, karena perusahaan menginginkan pemisahan catatan rugi laba. Sedangkan Payroll Category digunakan untuk menampilkan jenis kategori gaji karyawan. Seluruh transaksi yang berhubungan dengan kategori penggajian dan dalam interval tanggal tertentu akan ditampilkan.


ANALYSIS
Tampilan Analysis digunakan untuk menganalisa laporan keuangan. Analysis merupakan cara paling cepat dan paling efektif dalam melihat laporan keuangan sehingga dapat melihat sejauh mana perkembangan atau kemajuan perusahaan. 

Command Panel MYOB Analysis menampilkan beberapa daftar pilihan anaysis, yaitu :
a.  Balance Sheet, untuk melihat laporan keuangan berupa neraca pada suatu periode tertentu dan memeriksa saldo-saldo akun Aktiva, Kewajiban dan Modal.
b.  Profit and Lost, untuk memeriksa saldo Pendapatan , Beban, Harga Pokok Penjualan, Pendapatan Lain-Lain dan Beban Lain-Lain. Dengan fasilitas ini dapat dilihat hasil kegiatan perusahaan dalam periode tertentu, apakah mendapat keuntungan atau rugi. Biasanya laporan ini sering disebut Laporan Laba/Rugi.
c.   Jobs, untuk memeriksa saldo-saldo Job. Data yang ditampilkan berupa perbandingan antara anggaran dengan realisasi.
d.  Cash Flow, untuk menampilkan cash flow suatu rekening dan memeriksa saldo kas yang masuk dan keluar dalam periode tertentu.
e.   Sales, untuk memeriksa saldo penjualan dan menganalisis data penjualan. Data yang ditampilkan bisa berupa angka, presentase maupun grafik.
f.   Receivables, untuk memeriksa jumlah piutang usaha, umur piutang usaha dan nama pelanggan yang bersangkutan baik dari penjualan barang maupun jasa.
g. Payables, untuk memeriksa jumlah utang usaha, umur utang usaha dan nama pemasok yang bersangkutan.
h.   Payroll, untuk memeriksa jumlah upah karyawan yang bersangkutan dalam periode tertentu.
i.    Inventory, untuk memeriksa segala sesuatu yang berhubungan dengan persediaan.

REPORTS
Pilihan reports digunakan untuk mencetak laporan keuangan sesuai dengan data yang telah diinput sebelumnya. Pada fasilitas ini MYOB akan menampilkan beberapa daftar pilihan Reports, yaitu :
Ø  Accounts, digunakan untuk mencetak laporan yang berhubungan dengan Accounts, meliputi Neraca Saldo, Laporan Rugi-Laba, Job List, dan sebagainya. Fungsi dan tampilan pada pilihan ini berbeda dengan tampilan Accounts pada Command Centre.
Ø  Banking, menampilkan laporan yang memuat pengeluaran dan penerimaan dengan menggunakan Kas, termasuk Rekonsiliasi, Cash Flow, dan Bank Deposit.
Ø  GST/Sales Tax, menampilkan laporan yang berhubungan dengan pajak.
Ø  Sales, menampilkan laporan yang berhubungan dengan penjualan.
Ø  Time Billing, menampilkan laporan yang berhubungan dengan aktivitas perusahaan.
Ø  Purchases, menampilkan laporan yang berhubungan dengan penjualan.
Ø  Payroll, menampilkan laporan yang berhubungan dengan penggajian karyawan.
Ø  Inventory, menampilkan laporan yang berhubungan dengan persediaan barang, termasuk daftar item dan daftar harga barang.
Ø  Card File, menampilkan laporan yang berhubungan dengan File Kartu.
Ø  Custom, menampilkan format laporan lain.

Seluruh fasilitas diatas digunakan untuk mencetak segala bentuk laporan sesuai dengan kebutuhan pelaporan perusahaan. Masing-masing bagian telah dibedakan bentuk laporannya. Kelebihan dari program ini adalah MYOB akan menampilkan hasil atau laporan keuangan secara cepat, tapat dan akurat sesuai dengan data yang dimasukkan. Untuk melihat laporan Neraca maka tinggal memilih Balance Sheet pada Command Panel Reports. Sedangkan untuk melihat Laporan Laba Rugi maka pilih Profit & Lost pada Command Panel Reports.

       Sebelum dapat melakukan transaksi dalam MYOB ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu : pengaturan pajak (Tax), pengaturan Linked Account, pembuatan daftar akun, dan mengisi saldo awal.
Pajak yang disediakan MYOB tidaklah sesuai dengan ketentuan pajak di Indonesia. Untuk itu sebelum mencoba membuat kode pajak, terlebih dahulu hapus beberapa kode pajak yang disediakan MYOB, kecuali :
    GST (Good & Service Tax) karena sama dengan PPN. Biasanya GST ini hanya diubah namanya menjadi PPN. Jadi tidak menghapus kode pajak tetapi hanya merubah namanya.
     N-T (No Tax) digunakan untuk menampung transaksi yang tidak kena pajak.
Pengaturan Linked Account bertujuan untuk menghubungkan akun dengan suatu transaksi. Akun-akun yang harus dibuat pengaturan linked account yaitu Account dan Banking Account, Sales Account, Purchase Account dan Payroll Account.
Pembuatan daftar akun merupakan pembuatan akun-akun yang digunakan dalam pmbuatan laporan keuangan. Proses pembuatan daftar akun ini menggunakan modul Account kemudian pilih Account List. 

Pada account list telah disediakan daftar perkiraan nama akun yang telah dikelompokkan sebagai berikut :
       1-xxxx      Asset                            = Aktiva/Harta
       2-xxxx      Liability                       = Hutang/Kewajiban
       3-xxxx      Equity                         = Modal/Ekuitas
       4-xxxx      Income                        = Pendapatan
       5-xxxx      Cost of Sales               = Beban Pokok Penjualan
       6-xxxx      Expense                      = Beban Usaha
       8-xxxx      Other Income             = Pendapatan lain
       9-xxxx      Other Expenses          = Beban lain

            Sebelum memulai memasukkan transaksi terlebih dahulu harus mengisi saldo awal dari masing-masing rekening. Daftar saldo ini merupakan saldo terakhir bulan sebelumnya dan menjadi saldo awal bulan yang bersangkutan.

     Program aplikasi MYOB Accounting memberikan banyak kemudahan bagi para akuntan untuk pembuatan laporan keuangan. Bagi para pemula yang baru mulai mengenal MYOB pun dapat mudah memahami dan mempelajarinya. Selain dapat menunjang kemudahan pembuatan laporan keuangan, program MYOB juga dapat memindahkan laporan dari program MYOB ke program lain, misalnya Microsoft Excel. Untuk memindahka laporan hanya dengan memilih Send To dan pilih Excel. MYOB akan melakukan proses pemindahan file laporan ke dalam Excel.
MYOB Accounting merupakan program software akuntansi yang lengkap. Perintah dan fungsi yang disediakan oleh software ini sangat menunjang dalam pembuatan laporan keuangan secara lengkap. Dengan software ini semua jenis laporan keuangan dapat dibuat dan ditampilkan, mulai dari pembuatan jurnal umum sampai dengan mencetak laporan keuangan.
MYOB Accounting memiliki banyak kelebihan sehingga banyak digunakan oleh para akuntan untuk membantu dalam membuat laporan keuangan. 

Beberapa kelebihan dari program software MYOB Accounting adalah :
a. Mudah digunakan, mudah dimengerti oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan komputer dan akuntansi yang mendalam, selain itu myob juga dapat diterapkan pada berbagai jenis usaha.
b. Mampu menyajikan laporan keuangan secara otomatis, lengkap dan akurat kapanpun diperlukan, adapun jenis laporan yang dapat dibuat secara otomatis meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan pembelian dan penjualan, daftar umur piutang, jurnal transaksi, persediaan barang dan sebagainya dimana laporan yang dihasilkan sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku.
c. Mampu menampilkan data secara tepat dan mudah dilengkapi dengan fasilitas audit trail maupun transaksi trail untuk menampilkan data secara cepat dan mudah pada layar komputer atau dapat juga dicetak ke printer.
d. Tersedia sistem keamanan yang handal dilengkapi sistem akses memadai berupa password yang dapat ditentukan dalam beberapa level.
e. Laporan keuangan dapat dikaitkan dengan microsoft excel dan microsoft word bahkan disimpan dalam bentuk PDF maupun Text File.
f. Mampu menampilkan laporan keuangan komparasi yang menyajikan neraca, laporan laba rugi maupun penjualan dengan data historis bulan lalu atau tahun sebelumnya.
Setiap program Aplikasi selain mempunyai banyak kelebihan tetapi tetap ada kelemahannya.

Adapun kelemahan MYOB antara lain :
a. Database MYOB merupakan database yang dikunci, pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit.
b. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga pajak yang ada dalam sistem Myob versi 13 ini merupakan peraturan pajak yang ada pada negara yang membuat sistem tersebut yaitu Australia maka harus disetting dahulu tarif pajaknya sesuai pajak yang berlaku di Indonesia.
c. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi.
d. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
e. Transaksi-transaksi yang berkaitan langsung dengan barang dagangan baik itu penjualan tunai, kredit maupun retur hanya menggunakan satu bukti yaitu Invoice, sehingga pengendaliannya kurang.
f. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.

Sebagai salah satu software akuntansi, MYOB Accounting dapat dikatakan sebagai software akuntansi yang handal, hal ini terbukti dengan digunakannya MYOB dalam praktik akuntansi baik dalam dunia bisnis perusahaan maupun untuk kepentingan pembelajaran dalam suatu satuan pendidikan.
Dengan menggunakan MYOB Accounting  proses penyusunan laporan keuangan akan terasa lebih praktis dan sederhana, karena kita tidak lagi melakukan tahap-tahapan atau siklus akuntansi secara manual.

Alhamdulillah selesai pembahasan mengenai program akuntansi ini. Setiap aplikasi pasti ada kelebihan dan kekurangan. MYOB dapat memudahkan dalam penyusunan laporan keuangan tetapi adaa beberapa kelemahannyaa juga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat semuanya yang lagi belajar tentang MYOB Accounting.

Sekian dan Wassalamu'alaikum... :-)



Daftar Pustaka :
Divisi Litbang MADCOMS. 2005, MYOB Accounting, Penerbit ANDI, Yogyakarta
Oktarina. 2007, MYOB Accounting Plus 13 untuk Orang Awam, Penerbit Maxikom, Palembang

Editting by wahyulestari1907#02032013#3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar